6 Alasan Mengapa Sering Lapar Ketika Kerja

6 Alasan Mengapa Sering Lapar Ketika Kerja

Salah satu penyebab hilangnya konsentrasi saat sedang bekerja adalah rasa lapar. Padahal, satu jam sebelumnya kita baru saja makan siang, tapi perut sudah meronta-ronta minta diisi.

Seringkali juga pada hari kerja rasa lapar lebih sering datang dibanding ketika akhir pekan. Akhirnya kita pun lebih sering ngemil di kantor.

Hal itu juga terungkap dari data Centre for Disease Control and Prevention, AS yang menemukan bahwa rata-rata orang mengkonsumsi sekitar 1.300 ektra kalori dari makanan seperti pizza, kue, soda, hingga biskuit, di waktu kerja.

Jumlah kalori ekstra tersebut sama dengan jumlah kalori sehari penuh. Jangan heran jika tiap tahun lingkar pinggang terus bertambah.

Sering lapar itu bukan alasan, kok, setidaknya ini adalah beberapa alasannya:

1. Bosan

Salah satu alasan umum seseorang makan tanpa merasa lapar adalah karena mereka bosan.

Waktu sepanjang hari yang dihabiskan di kantor dan di depan komputer seringkali membuat kita jenuh. Ketika kejenuhan tersebut menggiring kita ke kebiasaan makan tanpa berpikir, strategi menguranginya adalah dengan mengatur waktu makan yang terstruktur.

Selanjutnya, jangan biasakan menyimpan camilan di meja kerja. Sebab jika kamu melihatnya, ada kecenderungan kamu akan memakannya.

Cari alternatif lain ketika sedang bosan, misalnya berjalan-jalan ke taman di sekitar kantor atau mendengarkan musik favorit.

2. Banyak makanan di sekitar

Penyebab lainnya yang membut orang selalu lapar di waktu kerja adalah karena banyak makanan di sekitar.

Artinya, ketika makanan-makanan yang menggoda seperti biskuit atau cemilan lainnya terlihat, maka kita cenderung memakannya.

Hindari pula kebiasaan minum teh di pagi atau siang hari yang melibatkan kue atau biskuit tinggi gula. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat sehingga kamu tidak tergoda mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

3. Makan ketika orang lain makan

Rasa lapar juga dipengaruhi orang-orang di sekitar. Misalnya, jika rekan kerjamu hobi ngemil, maka kamu akan cenderung mengikuti pola makan tersebut meskipun kamu belum tentu lapar.

Hal lain yang belum tentu kamu sadari adalah semakin banyak makanan yang diasup, maka semakin banyak pula makanan yang diinginkan tubuh.

Itulah mengapa tubuh terus-menerus mencari makan. Kebiasaan ini jika dibiarkan dapat menyebabkan berat badan berlebih.

Untuk menghindarinya, buatlah waktu makanmu dan patuhlah dengan jadwal tersebut alih-alih mengikuti kebiasaan makan orang sekitar.

4. Haus

Sekitar 70 persen orang dewasa mengalami dehidrasi setiap harinya. Rasa haus tersebut seringkali memberikan sinyal yang membingungkan bagi tubuh dan ditangkap sebagai sinyal lapar, terutama pada cuaca hangat.

Rasa haus, seperti rasa lapar, adalah refleks yang cenderung lemah. Artinya, ketika kita merasa haus, kita sebenarnya sudah mengalami dehidrasi.

Orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air tersebut tidak termasuk air yang hilang dari keringat.

Jadi, pastikan kamu selalu menyimpan botol air di sebelahmu ketika bekerja dan targetkan konsumsi air sekitar 1-1,5 liter ketika kamu sedang bekerja untuk menjaga rasa laparmu tetap di bawah kontrol.

5. Makan di depan komputer

Makan siang di depan layar komputer atau sambil main gadget sering dikaitkan dengan pola makan yang berantakan.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal perilaku makan, Appetite, menemukan bahwa mereka yang makan siang smbil menonton televisi cenderung mengkonsumsi lebih banyak kalori.

Para peneliti menyimpulkan, kebiasaan itulah yang membuat seseorang memiliki kebiasaan makan yang buruk di waktu berikutnya.

6. Makan terlalu banyak makanan manis

Semakin banyak makanan manis yang kamu konsumsi, maka semakin besar kemungkinan kamu merasa lapar.

Artinya, memulai hari dengan minum kopi bergula, biskuit manis, cemilan batang, serta buah bukanlah makanan yang baik dikonsumsi untuk mengontrol rasa lapar di waktu kerja.

Perbanyak konsumsi sayur-sayuran, salad, makanan dan cemilan tinggi protein seperti Greek yoghurt, keju, kacang-kacangan, ikan, daging, dan telur untuk menjaga perutmu tetap kenyang. Sehingga kamu tak akan lagi mencari cemilan setiap satu atau dua jam.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar