Panduan Memilih Tempat Tidur Tingkat untuk Anak

Panduan Memilih Tempat Tidur Tingkat untuk Anak

Dibanding harus membuat kamar baru untuk orangtua dengan anak lebih dari satu, orangtua biasanya lebih condong memilih tempat tidur tingkat. Selain lebih hemat tempat dan biaya, tempat tidur ini juga cocok untuk anak-anak mengingat mereka tidak akan sendirian selama di kamar sejak kecil. 
Meski menawarkan banyak kelebihan, Anda tentu tidak boleh semberono dalam memilih jenis tempat tidur ini. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan seperti faktor keselamatan dan kenyamanan. Selain kedua faktor tersebut, masih ada beberapa faktor lagi yang harus diperhatikan dalam memilih tempat tidur bertingkat. Anda bisa mengunjungi website https://artikel.rumah123.com untuk informasi lebih lanjut.

Hal Utama yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Tempat Tidur Tingkat

1. Periksa kekuatan material dari tempat tidur
Ada beberapa pengalaman orang yang menggunakan tempat tidur jenis tingkat dimana tempat tidur yang di atas jebol dan menimpa orang yang di bawahnya. Untuk menghindari hal ini sampai terjadi, sebaiknya Anda pastikan kekuatan material penyusun tempat tidur. Pastikan pula bagaimana sambungan dan susunan bahan-bahan pembentuk tempat tidur.
Sebaiknya, pilihlah material kayu ketimbang besi. Besi memiliki beberapa kelemahan jika digunakan untuk tempat tidur. Meskipun cenderung lebih tahan lama, namun besi memiliki beragam kelemahan. Misalnya, besi umumnya akan bersifat licin, dingin serta tajam. Selain itu risikonya juga lebih besar. Oleh karena itu, pilihlah material kayu yang kuat seperti kayu jati agar dapat digunakan dalam waktu lama.
2. Ukuran tempat tidur harus sesuai dengan ukuran ruangan
Khusus tempat tidur tingkat, kamu tidak cukup memperhatikan panjang tempat tidur saja. Kamu juga harus memastikan tinggi tempat tidur tidak terlalu mencapai langit-langit kamar. Setidaknya, sisakan jarak dua kaki dari langit-langit. Hal ini untuk menghindari anak terbentur ketika berdiri dari tempat tidur.
3. Akses untuk naik ke tingkat atas harus aman dan nyaman
Karena model tempat tidur adalah bertingkat, pastikan bahwa akses menuju ke tingkat atas nyaman serta aman. Meningat anak harus memanjat tangga ke atas, pilihlah model tangga yang aman serta mengedepankan keselamatan. Usahakan agar terdapat pegangan di sisi kiri dan kanan agar anak bisa turun lebih aman. Jangan sampai anak terpeleset ketika akan turun maupun naik tempat tidur.
4. Konsep tempat tidur yang netral
Kini banyak toko furniture yang memasarkan model tempat tidur tingkat menyesuaikan dengan tema-tema yang sedang populer di masanya. Meski tema populer ini yang biasanya banyak dipilih anak untuk menjadi tema tempat tidurnya, namun ada baiknya untuk Anda tidak memilih tema ini terutama jika Anda berniat agar anak bisa menggunakan tempat tidur setidaknya sampai 15 tahun ke depan.
Coba bayangkan jika anak memilih tema tokoh kartun favoritnya ketika usia 5 tahun. Apakah si kecil akan tetap mau menggunakan tempat tidur itu ketika dia sudah berusia 15 tahun? Tentu tidak bukan. Oleh karena itu cobalah untuk mendiskusikan dengan si kecil agar menggunakan tema netral yang biasa agar bisa digunakan hingga ia besar. 
5. Menjadikan tempat tidur multifungsi
Jika Anda memiliki luas ruangan yang terbatas, ada baiknya Anda mendesain agar tempat tidur tingkat juga bisa berfungsi untuk hal lain selain tempat istirahat. Anda bisa memanfaatkan kolong di bagian bawah untuk tempat menyimpan mainan anak. Atau Anda bisa mendesain sendiri lemari kecil untuk mainan anak di bagian anak tangga.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar