Tips Terbaik Merawat Motor Gede Kesayangan

Tips Terbaik Merawat Motor Gede Kesayangan

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia sangat pesat. Munculnya berbagai produk baru seperti motor royal enfield dengan type dan fasilitas canggih yang ditawarkan membuat siapa saja yang melihat pasti kepincut. Hal ini berlaku juga untuk motor gede alias moge lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin hari semakin banyak jenis motor gede yang baru. 

Apalagi produk luar negeri yang ditawarkan dengan harga lebih murah. Terlepas dari itu semua, yang menjadi penting adalah masalah perawatan motor tersebut, perlu diketahui kalau merawat motor gede berbeda dengan merawat motor bebek atau matic yang jumlahnya lebih banyak di pasaran. Tips merawat motor gede ini agak memerlukan perhatian lebih. Karena kondisinya lebih istimewa, perlakuan pun juga lebih istimewa dan berkelas.

Perawatan Mesin
Pastikan mesin kendaraan Anda dalam kondisi normal. Usahakan selalu memanasi mesin sebelum motor di gunakan. Biasanya masalah yang terjadi adalah kondisi mesin tidak sehat, akibatnya jalan bisa lebih lambat. Agar selalu mengecek mesin secara berkala, lakukan servis biasa setiap satu bulan sekali dan lakukan servis penuh pada motor Anda setiap penggunaan jaran 15.000 KM.

Rutin Ganti Oli
Cek rutin keadaan oli motor Anda. Pada motor gede yang injeksi, biasanya oli memerlukan pergantian yang lebih sering daripada non-injeksi. Apabila terlambat dalam melakukan pergantian oli, dikhawatirkan beberapa komponen pada ring dan piston akan lebih cepat rusak. Biasanya penggantian oli berlangsung antara 1-2 bulan tergantung pemakaian, atau sebelum digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Bahan Bakar
Karena motor gede ini termasuk barang yang special, bahan bakarnya pun dibuat special. Sangat disayangkan apabila masih menggunakan bensin, karena biasanya mesinnya berteknologi terbaru, akhirnya lebih baik menggunakan pertamax plus, atau minimal pertamax saja. Ini bertujuan agar laju motor tetap dalam keadaan prima.

Rantai
Ketegangan rantai harus selalu di awasi, karena biasanya digunakan dalam kapasitas besar, motor gede lebih cepat mengalami kekendoran pada rantai. Usahakan bila perjalanan jauh rantai selalu diberi pelumas agar tidak menyusut setelah berhenti.

Tekanan Angin
Tips merawat motor gede selanjutnya adalah selalu cek tekanan angin pada ban motor Anda. Usahakan agar tetap konstan pada aturan. Tekanan Angin juga sangat berpengaruh dan jangan dianggap sepele.Karena pada moge tekanan anginya kurang dari batas yang ditentukan akan mempengaruhi kinerja-nya.

Cek Kelistrikan
Hal yang sangat penting tentang tips merawat motor gede adalah masalah kelistrikan, hampir semua komponen motor gede selalu berhubungan dengan listrik, mulai dari double starter sampai digital analog penunjuk kecepatan dan tarikan gas. Oleh karena itu harus selalu memperhatikan aki sebagai sumber listrik utama, jangan sampai dalam kondisi buruk.

Cek Selang dan Pompa Bahan Bakar Secara Berkala
Jika motor Anda sudah melaju sejauh 2.000 kilometer, maka disarankan untuk memeriksa selang bahan bakar. Selang yang kotor akan mempengaruhi kinerja injection memasukkan bahan bakar ke mesin motor. Selain selang bahan bakar, pompa bahan bakar pun harus rutin dicek. Caranya, hidupkan motor dan dengarkan suara dari tangki bahan bakar secara seksama. Jika timbul suara berdesing, maka Anda diminta untuk segera menguras tangki bahan bakar di bengkel resmi terdekat.

Rawatan Body Agar Cemerlang
cat juga butuh perawatan. Poles body motor dengan bahan yang mengandung silikon atau pelindung cat. Jika sedang tidak digunakan, lindungi badan motor dengan membungkusnya dengan kain pelindung yang banyak dijual di ACE hardware atau toko-toko terkemuka hidrolis.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar