Agar Hasil Akurat, Perhatikan 5 Poin Penting Ini Sebelum Melakukan Cek Lab

Cek Lab

Di era modern dengan perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, fasilitas publik juga selalu berkembang agar semua aspek kehidupan tetap dalam seimbang. Seperti dalam bidang kesehatan, Anda dapat melakukan medical checkup atau sering disebut juga sebagai cek lab untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini tanpa perlu menunggu lama untuk melihat hasilnya. Berbagai peralatan medis canggih yang digunakan dalam medical checkup juga sebagai langkah antisipasi jika terjadi penyakit tertentu yang terkadang tanpa menunjukan gejala apapun.

Sebuah hasil pemeriksaan kesehatan harus bersifat akurat agar dokter dapat melakukan diagnosa lanjutan dan segera melakukan tindakan penanganan yang tepat. Selain komponen peralatan dan tenaga medis ahli, kondisi pasien juga memberikan kontribusi yang sangat besar untuk menentukan keakuratan tersebut. Oleh sebab itu, berikut ada 5 poin penting yang harus Anda ketahui sebelum melakukan tes kesehatan, antara lain:

  1. Beberapa dokter menganjurkan pasien yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk berpuasa minimal 10 jam sebelum tindakan tersebut dilakukan. Hal ini bertujuan agar darah dalam kondisi steril dan dapat menunjukan kondisi tubuh secara lebih detail.
  2. Umumnya para pasien yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan juga hanya dianjurkan untuk minum air putih dan menghindari semua jenis minuman manis selama minimal 12 jam terlebih lagi minuman yang mengandung alkohol atau soda sangat dilarang keras.
  3. Untuk Anda yang memiliki kebiasaan merokok atau sedang mengkonsumsi jenis vitamin maupun suplemen makanan tertentu juga sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut terlebih dahulu agar proses pemeriksaan kesehatan dapat berjalan lancar.
  4. Meskipun puasa sangat disarankan minimal 10 jam sebelum tindakan pemeriksaan dilakukan, namun Anda tidak diperbolehkan untuk berpuasa lebih dari jangka 14 jam, karena justru dapat membuat kondisi tubuh menjadi tidak stabil.
  5. Umumnya waktu terbaik yang digunakan untuk mengambil sampel darah adalah pada kisaran pukul 07.00-09.00 pagi.

Penting untuk Anda ketahui bahwa puasa yang dilakukan dalam jangka waktu 10-12 jam dapat membantu mengurangi variabilitas substansi yang terdapat pada darah didalam tubuh Anda, sehingga hal tersebut dapat mendukung pemeriksaan agar hasilnya tidak dipengaruhi faktor lain seperti makanan atau minuman didalam tubuh. Konsumsi cukup air putih dalam fase ini juga memiliki peranan yang penting, hal ini karena jika tubuh dapat terhidrasi dengan baik akan membuat hasil diagnosa akurat dan tidak memerlukan pemeriksaan ulang.

Sedangkan, waktu terbaik untuk melakukan tes kesehatan yang tepat sebaiknya juga dilakukan pada pagi hari setelah tubuh Anda beristirahat semalaman. Hal ini karena kadar analit yang ada didalam tubuh akan berada pada posisi stabil dipagi hari dan akan berubah ketika Anda sudah mulai beraktivitas, terlebih lagi jika Anda sedang dalam keadaan lelah setelah beraktivitas sangat tidak disarankan melakukan tes kesehatan kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak karena rentan terhadap kesalahan diagnosa yang kurang tepat.

Demikian ulasan mengenai 5 poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan cek lab atau pemeriksaan kesehatan agar hasilnya akurat. Karena kesehatan merupakan aspek penting yang harus menjadi prioritas utama, maka tidak ada salahnya Anda memiliki jadwal rutin untuk melakukan medical checkup agar selalu dapat mengetahui kondisi kesehatan terkini. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan miliki pola hidup sehat yang teratur agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu kualitas hidup Anda.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar