6 Tips Mengatur Keuangan Ketika Berencana Melakukan Kredit Mobil

Pembiayaan mobil Mitsubishi

Saat ini, Anda bisa dengan mudah memiliki mobil impian dengan beragam layanan kredit yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan pembayaran seperti pembiayaan mobil Mitsubishi dan mobil-mobil lainnya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kredit mobil, Anda juga perlu mengatur keuangan agar kredit Anda berjalan lancar nantinya. 

Berikut beberapa tips mengatur keuangan yang bisa Anda coba ketika berencana melakukan kredit mobil. 
  1. Pilih mobil yang tepat. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih mobil yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Anda juga harus menyesuaikan mobil yang diinginkan dengan kemampuan keuangan Anda. Selain itu, pemilihan mobil yang tepat juga bisa membuat kredit lebih cepat disetujui oleh perusahaan pembayaran yang Anda pilih. 
  2. Survei harga mobil. Sesudah menentukan mobil mana yang tepat untuk kebutuhan, selanjutnya Anda juga harus melakukan survei seputar harga mobil tersebut. Anda bisa mencari tahu lewat dealer atau internet. Perkiraan harga mobil ini akan berdampak pada keuangan yang perlu Anda rencanakan untuk melakukan kredit mobil.
  3. Tentukan sumber pembiayaan. Setelah memilih mobil dan mempersiapkan keuangan Anda, langkah selanjutnya adalah memilih perusahaan pembayaran yang tepat. Saat ini ada banyak perusahaan pembiayaan yang bisa Anda pilih untuk kredit seperti pembiayaan mobil Mitsubishi dan mobil-mobil lainnya. 
  4. Siapkan uang muka lebih. Untuk melakukan kredit mobil, Anda memang tidak perlu menyiapkan uang seharga tunai mobil tersebut. Namun, Anda tetap harus menyiapkan uang muka atau DP (Down Payment) agar bisa langsung membawa mobil impian Anda. Biasanya perusahaan pembayaran mematok DP sebesar minimal 30% dari harga mobil tersebut. Namun, ada baiknya Anda menyiapkan uang muka lebih agar nantinya bisa mendapatkan cicilan yang lebih ringan.
  5. Memilih tenor yang tidak terlalu lama. Ketika Anda memutuskan mengambil kredit mobil, ada tenor atau periode waktu kredit yang bisa Anda tentukan sesuai kesanggupan finansial. Namun, sebaiknya Anda tidak mengambil jangka waktu tenor lebih dari lima tahun. Umumnya, ketika sebuah mobil berusia di atas lima tahun, mobil tersebut akan lebih banyak membutuhkan biaya perawatan. Maka, akan lebih baik jika setelah lima tahun cicilan mobil Anda sudah selesai sehingga Anda bisa fokus menyiapkan dana perawatan.
  6. Tentukan suku bunga. Ada dua macam suku bunga yang biasanya ditawarkan saat Anda mengajukan kredit mobil, yaitu suku bunga terus atau suku bunga mengambang. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Bagaimana? Mudah sekali bukan merencanakan keuangan ketika hendak mengambil kredit mobil? 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar